Jumat, 19 Agustus 2011

Indonesia Belum Sepenuhnya Merdeka

Tepat tanggal 17 Agustus 2011 kita memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-66. Enam puluh eam tahun sudah negeri ini merdeka tetapi masih banyak rakyatnya yang belum merasakan arti merdeka sepenuhnya.
Di tengah perkembangan zaman yang semakin modern dan banyaknya dibangun gedung-gedung pencakar langit, masih banyak rakyat Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan. Mengapa? Masih ada banyak daerah-daerah di Indonesia yang tertinggal. Di Indonesia, banyak gedung sekolah yang sudah tidak layak pakai seperti atap yang bocor, tembok bangunan yang hamper runtuh, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, masih banyak pula orang tua yang tidak menyekolahkan putra-putrinya karena tidak mampu untuk membayar iuran sekolah padahal sudah banyak sekolah yang bebas iuran. Dimulai dari hal itulah banyak rakyat Indonesia yang hidup dalam kebodohan. Berawal dari kebodohan yang dari tahun ke tahun semakin bertambah banyak, maka semakin bertambah pula tingkat kemiskinan yang terjadi di masyarakat.
Beberapa daerah di Jawa Timur banyak masyarakatnya yang hidup di bawah garis kemiskinan karena kebodohan. Sungguh tragis kehidupan masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah pedalaman. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, apa yang akan terjadi kelak? Maka yang terjadi adalah tingkat kebodohan dan kemiskinan di Indonesia akan semakin meningkat dalam jangka waktu yang sangat cepat.
Mampukah negeri ini memberikan arti merdeka kepada rakyatnya dari kebodohan maupun kemiskinan tanpa terkecuali?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar